Mowned

Mowned
My Gadget Timeline

Minggu, 05 April 2009

Kiat Seru Belajar

Buat siapapun yg mau ujian.. khususnya buat adik2ku yg mau UN.. (termasuk adikku Dina tersayang),
Biar siap menghadapi ujian, ada tips nih.. tapi, di samping belajar, kesiapan mental juga ikut berpengaruh, lho.

1. Bagi waktu seefisien mungkin.
Lihatlah jadwal ujian yang sudah diumumkan, perhatikan mana mata pelajaran yang terlebih dahulu akan diujikan. Ini penting untuk mengatur jadwal belajar serta menyusun strategi menghadapi ujian nanti. Jangan lupa, belajar dari sekarang.

2. Lihat prestasi belajar sebelumnya.
Perhatikan mana pelajaran yang memperoleh nilai bagus dan mana yang perlu diperbaiki. Ini adalah untuk menetapkan prioritas waktu belajar. Untuk mata pelajaran yang perlu perbaikan nilai, nantinya harus mendapat alokasi waktu belajar lebih banyak.

3. Perhatikan kesehatan tubuh.
Biasanya, pas tiba waktu ujian, apalagi pas ujian akhir, sebagian mahasiswa mendadak sakit. Nah untuk menghindari agar tidak terkena sakit, jauh-jauh hari perlu dipersiapkan stamina yang prima. Jangan membuang-buang waktu yang bisa membuat badan menjadi sakit, hindari begadang, jangan jalan-jalan di bawah terik matahari atau minum es terlalu sering. Perlu juga olahraga teratur dan mengonsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

4. Optimis.
Pompa motivasi diri sehingga pada saatnya nanti pikiran bisa berkonsentrasi pada ujian.

5. Makin giat belajar bareng.
Kalau ikutan kelompok belajar, kegiatan ini perlu tuh ditingkatkan. Atur jadwal kembali agar bisa berdiskusi dan tukar pikiran membahas pelajaran yang dianggap sulit.

6. Jangan telat.
Pada saat ujian, usahakan jangan datang terlambat atau mepet waktu. Perhitungkan jarak tempuh dari rumah menuju kampus. Biasanya, kalau telat datang, bisa berpengaruh pada konsentrasi saat mengerjakan soal. Tapi, kalau jika datang satu jam atau setengah jam sebelumnya, waktu tersebut bisa digunakan untuk mengulang kembali pelajaran yang akan diujikan.

7. Cari tokoh yang bikin semangat.
Berdasarkan teori psikologi alam bawah sadar dan penelitian para psikolog, sebelum ujian cobalah berpikir tentang orang-orang yang pintar dan berpikirlah tentang kata-kata bijak. Katanya, kalau sebelum ujian kita terbiasa dengan lingkungan orang-orang pintar, kemungkinan besar kita bisa memperoleh nilai ujian yang lebih baik ketimbang yang tidak

8. Setelah semua siap, percaya diri, fokus, doa, yang tidak kalah pentingnya adalah bersedekah,
* Kenapa harus bersedekah? ''Karena salah satu fadilah sedekah adalah bisa menolak bala dan bisa memanjangkan umur.''

Tidak ada komentar: